Rino Yuhanda , Anak Muda Ini Jadi Calon Wali Nagari Untuk Memajukan Nagari

Sago,Garis Pantai News –  Pemilihan Wali Nagari serentak yang akan di gelar tanggal 8 Juni 2021 serentak gelombang 2 sebanyak 31 Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat tahun 2021.

Menariknya, pada PilWanNa serentak di Kabupaten Pesisir Selatan ini banyak generasi muda yang ikut berpartisipasi dalam kontestasi pemilihan wali nagari. Tak sedikit dari calon wali nagari muda muda di Kabupaten Pesisir Selatan dengan muka-muka baru dan generasi muda berusia produktif, salah satunya adalah calon wali nagari dari Nagari Sago Salido Kecamatan IV Jurai, Rino Yuhanda,S.Hi (34).

Rino Yuhanda merupakan salah satu calon wali nagari termuda di kenagarian Sago Salido di antara 4 kandidat calon wali nagari kenagarian Sago Salido.

Menurutnya, saat ini banyak bermunculan calon wali nagari yang usianya di bawah 40 tahun (usia produktif). Hal ini juga sebuah fenomena yang sering disebut dengan bonus demografi, dimana generasi usia produktif akan lebih banyak dan mendominasi dibanding usia non produktif.

“Saya rasa sekarang ini generasi muda sudah mulai sadar tentang bagaimana membangun sebuah nagari. Pemuda mulai ingin terlibat dalam proses pembangunan,” ujar, Rino Yuhanda ,saat diwawancarai di posko pemenangannya,28/5/2021.

Untuk diketahui, Rino sendiri memang sudah kerap kali aktif diberbagai bidang keorganisasian di tingkat kabupaten dan nagari. Bahkan sebelumnya ia menjadi Wakil Bendahara Unum KNPI Kabupaten Pesisir Selatan periode 2011 – 2013 dan Sekertaris Umum Persatuan Pemuda Nagari Sago Salido periode 2010 – 2015.

Sebagai calon wali nagari Sago Salido nomer urut 5 , Rino sendiri ingin mengajak generasi muda untuk melakukan pembangunan ekonomi dengan melibatkan perkembangan teknologi berbagai bidang.

“Kita tahu bahwa di nagari banyak generasi muda yang memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital seperti memasarkan potensi UKM dan kewirausahaan yang lainnya,” paparnya.

Masih Kata Rino kepada generasi muda yang lainnya di nagari Sago Salido untuk tidak anti terhadap politik melainkan berani terlibat untuk bisa ikut menentukan arah kemajuan bangsa ini yang dimulai dari tingkat desa.

” Generasi muda harus lebih berani terlibat dalam proses politik, terutama dalam membangun nagarinya masing-masing. Jangan takut memberikan gagasan-gagasan untuk membangun bangsa ini yang dimulai dari nagari,” pungkas Rino.NC