Beras Rajo Pasisie Varietas Cisokan Kubang di Lounching

Painan, GP News – Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Hendrajoni diwakili Kepala Bapedalitbang, Yozki Wandri hadiri acara Lounching Beras Rajo Pasisie Varietas Cisokan Kubang di Kenagarian Kubang Koto Barapak Kecamatan Bayang, Rabu (28/11).

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Selatan yang dibacakan Kepala Bapedalitbang mengatakan bahwa hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi nagari Kubang Koto barapak Kecamatan bayang khususnya dan Kabupaten Pesisir Selatan pada umumnya, dikatakan bersejarah karena hari ini Nagari Kubang Koto Barapak dijadikan tempat lounching Beras Rajo Pasisie Varietas Cisokan Kubang.

” Alhamdulillah pada hari ini Pesisir Selatan telah resmi memiliki lunching beras Rajo Pasisie varietas Cisokan Kubang, semoga hasil produksi beras asli Pesisir Selatan ini semakin disukai hingga luar Kabupaten Pesisir Selatan,” ucap Bupati.

Beras Rajo Pasisie merupakan sebuah merek atau identitas beras premium milik Kabupaten Pesisir Selatan yang tumbuh dan berkembang di nagari Kubang Koto barapak Kecamatan Bayang dengan varietas yang digunakan adalah varietas Cisokan yang meiliki cita rasa nasi yang spesifik baik itu rasa maupun aromanya, jika dibandingkan dengan beras lainnya di Kabupaten Pesisir Selatan yang dibuktikan dengan hasil uji Laboratorium Instrumentasi Pusat Fakul Teknologi Pertanian Universitas Andalas nomor : 18/LIP-UJI/FATETA/X/ tanggal 29 Oktober 2018.

” Saya berharap, hari yang bersejarah ini dapat menjadi momentum kebangkitan petani di nagari Kubang Koto Barapak. Kita atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sangat mengapresiasi atas kesuksesan Pemerintah Nagari dan masyarakat dalam produksi beras Rajo Pasisie Varietas Cisokan Kubang ini, ” ucap Bupati.

Sementara Wali Nagari Kubang Koto Barapak, Novriadi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang ikut mendukung suksesnya produksi beras Rajo Pasisie Varietas CIsokan KUbang yang di Pusatkan di Kenagarian Kubang Koto Barapak ini, ungkap Wali.

Saat ini, lahan untuk persawahan untuk padi yang akan diolah menjadi beras Rajo Pasisie Varietas Cisokan Kubang ini ada seluas 143 hektar yang dikelolah oleh sebanyak 7 Kelompok pertanian. dan bisa saja kita akan terus menambah lahan persawahannya, ungkap Wali.

Saat ini, kita sudah memproduksi beras Rajo Pasisie Varietas CIsokan Kubang ini sekitar 20 ton setiap tahunnya, dengan pemasaran yang sudah jalan di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, namun kita akan kembangkan hingga keluar Pesisir Selatan.

Kegiatan Lounching beras Rajo Pasisie Varietas CIsokan KUbang turut hadir Anggota DPRD Propinsi Sumbar Risnaldi Ibrahim, sejumah OPD, Forkompimda Kecamatan, Tokoh masyarakat serta undangan lainnya. GP-RT