H.Darizal Basir, Kembali Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI

GP News – Painan

H. Darizal Basir anggota DPR RI asal kabupaten pesisir selatan sumatera barat terus gencarkan sosialisasi empat pilar MPR RI. Empat pilar yang sebelumnya disebut empat pilar kebangsaan tersebut memiliki nilai luhur dalam kehidupan berkebangsaan.

Salah satu komunitas yang digandeng H. Darizal Basir adalah komunitas masyarakat pemilik mobil Kijang Kapsul atau Kijang Kapsul Community Indonesia (KKCI) wilayah Pesisir Selatan.

Empat pilar MPR RI atau empat pilar kebangsaan yang dimsksud yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Kata darizal Basir anggota DPR RI dari partai Demokrat asal pemilihan Sumbar 1.

“ya’ Empat pilar merupakan sandi dan pondasi dari sumber kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mewujudkan kedaulatan negara yang kokoh

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menjaga dasar negara dan konsitusi negara dan memahami bahwa bangsa ini terdiri dari berbagai macam suku dan agama yang dibingkai dalam satu kesatuan dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelasnya Darizal.

Tenaga Ahli anggota DPR RI, Doni Harsiva Yandra menuturkan lebih jauh, terkait empat pilar tersebut. Menurutnya, empat pilar itu telah menjadi penopang kedaulatan Bangsa Indonesia. Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika telah menjadi perekat rasa persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia sehingga menjadi bangsa yang bermartabat.

“Empat pilar ini telah membingkai bangsa Indonesia dalam rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh sehingga tampil menjadi bangsa yang bermartabat, Bangsa Indonesia menurutnya terdiri dari berbagai suku yang mendiami belasan ribu pulau dari Sabang sampai Merauke. Meskipun bermacam suku, namun Bhinneka Tunggal Ika telah berhasil mempersatukan rakyat dalam NKRI berpedoman kepada Pancasila dan UUD 1945.

“Untuk itu, saya rasa penting untuk terus mensosialisasikan empat pilar ini sehingga tercipta pemahaman yang terus menular dari generasi ke genarasi,” tambahnya.

Dalam sesi diskusi, Ketua KKCI Pesisir Selatan Syafriadi menyampaikan harapan agar mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dihidupkan kembali di setiap sekolah.

“Melalui forum sosialisasi ini kami juga mengharapkan agar anggota DPR RI H. Darizal Basir mengapungkan wacana menghidupkan kembali mata pelajaran PMP yang dulu pernah ada dalam kurikulum pendidikan di Indonesia,” terangnya.

GPW