Abrasi Landa Objek Wisata Pantai Muaro Banting Tarusan

Pessel Garis Pantai News — Abrasi pantai melanda objek wisata Pantai Muaro Banting, Nagari Pulau Karam, kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, akibat kejadian tersebut pohon pelindung pantai banyak yang tumbang.

Pj wali nagari Pulau Karam, Anitafria Syafi, S.H mengatakan, ” abrasi yang melanda Objek Wisata Muarao Banting tersebut akibat ombak besar yang melanda daerah tersebut berberapa hari yang lalu,”katanya, Sabtu (8/7-2023)

” Untuk kerugian akibat kejadian itu baik materi maupun jiwa tidak ada, namun kalau dibiarkan tentu pantai muaro banting tinggal cerita aja, ” ujarnya.

Ia berharap pada pemerintahan daerah Kabupaten Pesisir Selatan untuk bisa melakukan tindakan yang tepat dan memperbaiki, sehingga keindahan dari pantai muaro bantiang tersebut dapat terjaga.

” Kita sudah laporkan ke BPBD Pessel dan kedinas PUTr, semoga apa yang kita laporkan dapat segera ditindaklanjuti,” harapny.

Salah seorang tokoh masyarakat Ampangpulai, Han Yusfik, Pnk Dt Sati, mengatakan, ” Seperti diketahui Muaro bantiang Tarusan merupakan kawasan destinasi wisata Mandeh yang banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun antar Provinsi,”katanya.

” Bahkan tempat tersebut banyak dijadikan pusat pertemuan silaturahmi baik reuni-an , maupun acara seremonial lainya,” tambahnya.

Muaro Bantiang Tarusan mempunyai keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan tempat wisata yang ada di Pessel, seperti ombak yang besar dengan angin yang sepoi – sepoi memberikan kenyamanan dan ketenangan tersendiri.

“Nanun semua keindahan yang ada di muaro bantiang tarusan akan menjadi kenangan bila lokasi tempat wisata itu tidak cepat diperbaiki, soalnya pinggir pantai nya sudah terkikis oleh ombak dan pohon cemara yang ada di pingir pantai sudah banyak yang tumbang, ” ujarnya.(GPP)