Ketua PPK Pancung Soal, Aswandi Jabat Ketua KPU Pessel Periode 2023-2028

Painan,Garis Pantai News 

Jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) periode 2023-2028 akhirnya resmi diamanahkan kepada Aswandi.

Ia dipilih sebagai Ketua KPU Pessel setelah menggelar rapat pleno bersama empat komisioner lainnya di Jakarta, Jum’at (16/6/2023).

“Usai pelantikan di Jakarta kemarin, kami langsung pleno sekitar pukul 17.30-18.00 WIB. Pleno dipimpin oleh Anggota termuda, Dede Desmana. Dan Alhamdulillah, kawan-kawan mempercayakan jabatan Ketua ini kepada saya,” jelas Aswandi melalui pesan singkat WhatsApp kepada mediaAnggota KPU D Pesisir Selatan Periode 2023 - 2028, Sabtu (17/6/2023).

Diketahui, Aswandi merupakan sosok yang berpengalaman di dalam kepemiluan. Pada 1999, ia menyebut pernah menjadi pemantau Pemilu di TPS 1 Desa Pagar Jati, Kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Lalu, semakin memantapkan diri untuk terjun langsung menjadi penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan.

Aswandi berhasil menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilu 2019 di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan. Kemudian, berlanjut menjadi PPK untuk Pilkada 2020 dan kembali terpilih menjadi PPK untuk Pemilu serentak 2024.

Pada tiga periode penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan tersebut, Aswandi selalu menjadi Ketua. Berbekal dengan pengalaman kepemiluan itu, ia mencoba peruntungan untuk mengikuti seleksi Anggota KPU Pesisir Selatan periode 2023-2028.

Alahasil, karirnya sebagai penyelenggara Pemilu berjalan mulus. Kini, Aswandi menjadi komisioner KPU Pesisir Selatan sekaligus menjabat sebagai Ketua.

“Hari Senin nanti, (19/6/2023) kita akan langsung masuk kantor,” tuturnya.

Pria kelahiran 1976 ini mengatakan bahwa secara prinsip, ia dan rekan komisioner lainnya siap siaga untuk melaksanakan tugas kepemiluan. Tugas-tugas berat sedang menanti, agenda tahapan yang sedang berjalan saat ini juga harus dilaksanakan sesuai ketentuan.

“Usai dilantik kita siap untuk melaksanakan tugas, kewajiban dan wewenang dalam semua tahapan Pemilu dan Pilkada dengan mengedepankan integritas dan kompetensi sebagaimana diatur UU no 7 tahun 2017 dan aturan turunannya,” tuturnya.

Setelah pleno dan penentuan jabatan Ketua KPU Pesisir Selatan periode 2023-2028, seluruh komisioner juga telah menentukan divisi masing-masing. Berikut Divisi kerja lima komisioner KPU Pesisir Selatan.

1. Aswandi, Divisi Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik (Ketua)
2. Rahmat, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM
3. Dede Desmana, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi
4. Syafrijal Chan, Divisi Teknis Penyelenggaraan
5. Ruswandi Rinaldo, Divisi Hukum dan Pengawasan
Sementara, untuk jabatan Sekretaris KPU Pessel masih dijabat oleh Afnel Suryasman.