Pessel Raih Empat Juara dan Terpilih Sebagai Penerima CPCL TP Pada PENAS ke-XVI

Pessel, Garis Pantai NewsPergelaran kontes perternakan di Pekan Nasional (PENAS) ke-XVI yang digelar di Sumatera Barat yang dipusatkan di Kota Padang, Sebanyak 4 (Empat) ekor hewan ternak asal Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, tampil memukau.

Selain itu, Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) juga terpilih sebagai daerah penerima Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) penyaluran benih (bibit) Tanaman Perkebunan (TP), dari Kementerian Pertanian melalui Ditjenbun.

Kepala Dinas Pertanian Pessel, Madrianto, mengatakan Ke Empat ternak unggulan asal negeri sejuta pesona tersebut, berhasil menyabet posisi juara.

“Alhamdulillah, ke empat ternak kita (Pessel) yang dikirim ke kontes, berhasil menjuarai masing-masing kategori diikutinya,” ujarnya, Kamis (15/6) saat dihubungi wartawan.

Empat ekor hewan ternak yang menjuarai kontes pada Kamis 15 Juni 2023 tersebut, terangnya, yaitu Sapi Pesisir Jantan, milik Amran asal Kecamatan Ranah Pesisir, menyabet juara 1.

Kemudian, Sapi Pesisir Betina, milik Yusni asal Kecamatan Koto XI Tarusan, juga juara 1. Lalu, Sapi PO Betina, milik Suarman asal kecamatan Bayang, berhasil menduduki juara 2.

Dan, Kerbau Betina, milik Ependi, asal kecamatan Ranah Pesisir, meraih juara 1. Prestasi ini jelas membanggakan. Dan, menjadi pemicu semangat, bagi peternak – peternak lainnya di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sapi Pesisir adalah salah satu rumpun sapi lokal yang telah beradaptasi dengan baik di daerah pesisir pantai di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Berdasarkan SK Menteri Pertanian No.2908/Kpts/OT.140/6/2011, telah menetapkan jenis tenak yang merupakan plasma nutfah asli Indonesia tentang Penetapan Rumpun Kawasan Sapi Pesisir.

Selain itu, Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) juga terpilih sebagai daerah penerima Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL) penyaluran benih (bibit) Tanaman Perkebunan (TP), dari Kementerian Pertanian melalui Ditjenbun.

” Kabupaten Pesisir Selatan juga terpilih sebagai daerah penerima CPCL dari pemerintah. Total bibit diterima mencapai 13.000 batang, Pessel terpilih bersama Kabupaten Solok, dan Kabupaten Padang Pariaman. Ada 3 jenis bibit tanaman perkebunan diterima, yakni: Pala, Pinang Batara, dan Kelapa Dalam.” Katanya .

Ia rinci seperti Benih/bibit Pala Unggul Lokal sebanyak 1.000 batang. Untuk Gapoktan Bina Usaha Tani Bayang, kecamatan Bayang, dengan lahan seluas 10 hektar (100 batang/hektar).

Kemudian, Pinang Batara unggul nasional 1.000 batang kepada Gapoktan Batang Timbulun Bayang, kecamatan Bayang, dengan lahan 10 hektar (100 batang/hektar). Dan, Kelapa Dalam 11.000 batang (110 batang/hektar).

Dengan peruntukan: KWT Lansano Kecamatan Ranah Pesisir (Ranpes), seluas 15 hektar, Mayang Taurai Ranpes 15 hektar, KWT Barokah Indah Ranpes 10 hektar

Lalu, KWT Bundo Kanduang Ranpes 15 hektar, Taruko Bayang Kecamatan Bayang 25 hektar, dan Karakek Jaya Bayang 20 hektar.

“Atas nama pemkab Pessel, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kementan, terutama Ditjenbun atas bantuan ini. Harapan, para petani dan pekebun ke depannya bisa lebih bersemangat lagi, terutama dalam mengelola dan menanam bibit bantuan unggul ini,” pungkasnya.(GPP)