Bakatik Adat Di Nagari Barung-Barung Belantai Kecamatan Koto XI Tarusan

Tarusan,Garis Pantai News -Setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa, masyarakat Barung2 Belantai Kec.Koto XI Tarusan Kab.Pesisir Selatan melaksanakan acara Bakatik Adat, Senin 24/4/2023.Acara Bakatik Adat yang rutin dilaksanakan setiap tahun, kali ini pelaksanaannya dipercayakan kepada kaum suku Caniago Nagari Barung-Barung Belantai.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Barung2 Belantai Hermaidi Dt.Rajo Indo Laut mejelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk merajut rasa kebersamaan dalam setiap kaum disamping melestarikan adat budaya di tengah-tengah masyarakat.
“Insha Allah acara ini akan terus dilestarikan karena disinilah kaum adat berkumpul secara utuh dan acara ini juga dihadiri anak kemenakan baik yang dari dirantau maupun yang dikampung”, kata Dt Rajo Indo Laut.

Sementara tokoh masyarakat Barung-burung Belantai Ali Tanjung sekaligus Anggota DPRD Sumatera Barat fraksi Demokrat dalam sambutannya mendukung sikap KAN untuk terus melestarikan acara ini karena ini simpul kebersamaan dan juga perekat tali silaturrahim antara rang rantau dan rang kampung. “Mari ini terus kita lestarikan dan kualitasnya terus ditingkatkan”, kata Ali Tanjung.

Bupati Pesisir Selatan diwakili Sekda Mawardi Roska dalam sambutannya menilai bahwa acara Bakatik Adat ini memang sudah dilaksanakan semenjak lama dan ini sesuatu yang luar biasa nilai-nilai budayanya.
“Nilai-nilai silaturrahmi dan silaturrahimnya sungguh luar biasa yang terkandung dalam acara Bakatik Adat ini”, kata Mawardi Roska. Acara ini tidak hanya tempat berkumpulnya kaum adat, kata Sekda, akan tetapi juga merajut pertemuan antara anak kemenakan yang dari rantau maupun yang di kampung.Bagi pemerintah nagari, manfaatkanlah moment ini dengan sebaik-baiknya untuk membangun nagari dengan kebersamaan yang terkandung dalam acara Bakatik Adat ini.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Acara Bakatik Adat Syafril Jon,AB dalam laporannya menjelaskan bahwa terselenggaranya acara ini berkat bantuan semua pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.
Bertindak sebagai khatib pada kesempata itu Busril Khatib Sati dan Bilal Tamsir Tamar,S.Pd.GPS