Kenalkan Potensi Wisata Daerah, Komunitas TKSP Pessel Bersama Kijang Palala Gelar Silaturahmi Akbar

Koto XI TarusanGaris Pantai News –

Guna meningkatkan rasa persaudaraan serta juga silaturahmi antar sesama pecinta dan pemilik mobil Toyota Kijang Super, para komunikasi yang tergabung pada Kijang Palala tiga provinsi, Sumbar, Riau, dan Jambi, gelar pertemuan Akbar di Kawasan Wisata Pantai Batu Kalang Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Minggu (23/10).

Silaturahmi akbar yang diikuti oleh ratusan pecinta dan pemilik mobil kijang itu, difasilitasi oleh Komunitas Toyota Kijang Sejuta Pesona (TKSP) Kabupaten Pesisir Selatan.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Umum TKSP Pessel, Wira Satria, Wakil Ketua, Nofrizal Chan, Sekretaris, Yoni Syafrizal, Bendahara M Zubir, serta pengurus lainnya.

Ketua umum Komunitas TKSP Pessel, Wira Satria, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada semua tamu yang datang.

“Semoga silaturahmi akbar yang dilakukan oleh sesama pecinta dan pemilik mobil kijang yang tergabung pada Kijang Palala ini akan menambah rasa persaudaraan, serta silaturahmi yang baik antara kita. Tentunya tanpa membedakan status sosial. Sebab kita berada di sini memang karena memiliki hobi dan tujuan yang sama dalam menjalin dan menambah persaudaraan,” katanya.

Dia mengatakan bahwa sebagai tuan rumah pihaknya akan berupaya memberikan yang terbaik bagi tamu yang datang dan berkunjung ke daerah itu melalui pertemuan Akbar tersebut.

“Walau demikian saya juga menyampaikan mohon maaf jika dalam memberikan pelayanan memiliki banyak kekurangan. Sebab hanya mampu menyediakan fasilitas di tempat yang sederhana ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu dia juga berharap kepada tamu yang datang bisa menjadi duta bagi daerah itu dalam mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki.

“Sebab salah satu yang menjadi daya tarik bagi komunitas pecinta mobil Kijang Super menjadikan Pessel sebagai lokasi pertemuan akbar, atau kopi darat ini karena memang karena keunggulan wisatanya. Salah satu kawasan wisata yang populer saat ini adalah Wisata Mande,” ujar Waka Polsek, Kecamatan Batang Kapas itu.

Sebagai warga Pessel dia juga berharap kepada masyarakat, terutama terhadap pelaku wisata di daerah itu agar bisa bersikap ramah terhadap pengunjung yang datang.

“Ini saya sampaikan karena Komunitas TKSP juga menjadikan pariwisata sebagai salah program unggulan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Pessel. Salah satu bentuk nyata yang kami lakukan adalah melalui kegiatan pertemuan akbar yang diikuti oleh ratusan pecinta dan pemilik mobil kijang dari tiga provinsi ini,” ucapnya.

Kordinator Wilayah ((Korwil) Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, Toyota Kijang Super Comuniti Indonesia (TKSCI), Erif Firmansyah,
dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komunitas TKSP Pessel karena sudah memberikan pelayanan yang baik sebagai tuan rumah.

“Ini merupakan pertemuan akbar perdana Kijang Palala. Kami menjadikan Pessel sebagai lokasi pertemuan karena selain ingin bersilaturahmi, juga ingin melihat beberapa kawasan wisata unggulan di daerah ini. Salah satunya adalah kawasan Wisata Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa pertemuan akbar yang digelar di Pantai Batu Kalang itu diikuti oleh puluhan unit mobil kijang super.

“Jika ditotal jumlah yang hadir mencapai 200 orang. Sebab masing-masing unit juga mengikutsertakan istri dan anak. Ini tentu akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat, terutama sekali bagi pelaku usaha di kawasan wisata yang dikunjungi,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pertemuan akbar itu akan dijadikan sebagai agenda rutin satu kali setahun.

Penasehat TKSCI Sumbar 14 Wilayah Paliko, Patriadi Urai, menambahkan bahwa Kijang Palala adalah wadah dari berbagai komunitas kijang yang ada di Sumbar, Riau dan Jambi.

“Tujuan awal terbentuk wadah ini adalah menyatukan dan menjalin silaturahmi sesama pengguna kijang tanpa memandang komunitas dari mana pengguna kijang tersebut berasal. Untuk perdana, pertemuan ini kita gelar di Pessel, tepatnya di Pantai Batu Kalang. Tahun 2023 pertemuan silaturahmi akbar disepakati pula di Kota Pariaman dibawah komunitas Toyota Kijang Club Nusantara (TKCN),” timpalnya.GPY