Masyarakat Muara Pandan Sungai Tunu Barat Sosialisasi Empat Pilar DPD RI

Ranah Pesisir ,Garis Pantai News –  Sebanyak 200 masyarakat Kenegarian Sungai Tunu Barat mengikuti sosialisasi Empat Pilar DPD RI yaitu Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara; UUD Tahun 1945; Sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR; NKRI Sebagai Bentuk Negara; Dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara; dibahas secara jelas dalam sosialisasi ini.

Kegiatan tesebut dihadiri Hendri Kasmaiyanto Ketua Pemuda Nagari Sungai Tunu Barat Zulkifli, Wali Nagari Sungai Tunu Induk Ambril,Amd ,Ninik Mamak , Ketua KAN Sungai Tunu, Dandramil , Kapolsek  ,tokoh masyarakat, tokoh adat dan masyarakat, Selasa (9/8/2022).

Wali Nagari Sungai Tunu Barat  Zulkifli mengapresiasi terselenggaranya acara sosialisasi empat pilar ini dan menurut wali nagari sosialisasi empat pilar Kebangsaan merupakan sesuatu yang sangat essential dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa.Pemuda Pemudi merupakan elemen penting di dalam menumbuh suburkan semangat tersebut,” ungkap wali nagari Sungai Tunu Barat dalam sambutannya.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini tidak lagi satu arah, melainkan banyak arah termasuk melalui media sosial karenanya hal itu harus segera diimbangi dengan berbagai pendidikan karakter dan saya berharap hendaknya para pemuda pemudi dapat membimbing masyarakatnya dalam memanfaatkan Medsos dengan benar dan pemuda pemudi tidak menjadi konsumen dan produsen berita berita HOAX, apalagi ujaran kebencian dan perilaku perilaku dan ujaran yang mengarahkan kepada budaya intoleransi,”jelas wali nagari sungai tunu barat.

Menurut laporan panitia penyelenggaran Ketua IPPMP Nagari Sungai Tunu Barat yang di wakili bendehara IPPMP Yoni Hendra menjelaskan kegiatan sosialisasi ini merupakan kerjasama DPD RI dan IPPMP Sungai Tunu Barat. Melalui kegiatan ini, diikuti 200 orang Pemuda Pemudi dan Masyarakat. Pihaknya berharap pemuda pemudi dapat meneruskan materi sosialisasi serta memberikan pentingnya 4 pilar kepada masyarakat khususnya kampung muara pandan dan uncapan terimakasih teristimewan kepada Drs,H ,Alirman Sori atas kesempatanya bisa hadir di kampung muara pandan dan ini merupakan kebanggaan kami bahwa bapak Alirman Sori satu satunya senator DPD RI asal Sumatera Barat bisa datang di muara pandan.

Alirman Sori Anggota DPD RI daerah pemilihan propinsi Sumatera Barat memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara sosialisasi empat pilar ini, pertama mengapresiasi dan menjelaskan tentang sejarah Pancasila serta Undang-Undang Dasar. “Memahami Pancasila tidak hanya sekedar sila-silanya saja, tapi juga sejarahnya yang diamanahkan oleh pendiri bangsa terdahulu,” ungkapnya. Pemuda Pemudi merupakan salah satu kunci penggerak informasi yang digunakan dan ditiru, sehingga dalam penyampaian empat pilar kebangsaan harus mampu dibangun secara struktural untuk membangun sikap dan mental anak-anak.

Acara dilanjutkan penyampaian materi sosialisasi oleh Drs, H, Alirman Sori SH,Mhum , MM anggota MPR RI.GP1