Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2022, 7 Pos Disiapkan di Kabupaten Pessel.

Painan, Garis Pantai News – Polres Pesisir Selatan bersama Forkopimda, Pesisir Selatan dalam rangka memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat saat lebaran Idul Fitri. Telah, menyiapkan Pos Pengamanan, Pos Pelayaan dan Pos Terpadu di tujuh titik di wilayah Hukum Polree Pesisir Selatan.

Menjamin dan memastikan situasi keamanan, ketertiban dan kenyamanan pada lebaran Idul Fitri, Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si berperan sebagai pemimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2022 di halaman Polres Pesisir Selatan, Jum’at (22/4/2022) pada jam 08.30 Wib.

Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si usai apel gelar pasukan, apel apel gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2022, di laksanakan mulai tanggal 28 April Sampai 9 Mei 2022 nanti.

Dikatakan Rudi Hariyansyah, lebaran tahun ini masih dalam pandemi covid -19, untuk itu dihimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan ( Prokes). Mudik Aman dan Sehat.

” Kita bacakan amanat Kapolri, bahwa lebaran Idul Fitri 1443 H, maka amanat ini bersama kita ikuti aturan dalam mudik lebaran,” tegas Wabub Rudi Hariyansyah.

Dalam amanat Kapolri disampaikan Wabub Pessel, lebaran idul fitri 1443 H kali ini akan berbeda dengan idul fitri tahun lalu dimana kali ini pemerintah memberikan kelonggaan kepada masyarakat untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan tidak akan dilakukan pembatasan di jalur lintas masyarakat.

Ia menambahkan, walaupun pandemi sudah terkendali dimana tingkat di bawah 1 % namun perlu ditegaskan bahwa pendemi belum selesai.

” Kita harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi pada saat idul fitri nanti,” sambungnya.

Ada tiga pos titik fokus dalam pengaman pelayanan, pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat saat lebaran Idul Fitri, pertama di pos carocok painan, pos mandeh dan pos kambang.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.I.K, M.H menyampaikan operasi ini dilakukan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif di tengah masyarakat saat momen lebaran nanti dan kami akan melibatkan sebanyak 150 personil untuk melakukan pengamanan di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Sebagaimana 7 atensi Kapolri dalam amanatnya dibacakan Wabub tadi.

Dan untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik, Polres Pessel juga menambahkan sebanyak 1 pos pelayanan yaitu pos Yan Rest Area di Kecamatan Koto XI Tarusan Perbatasan Kabupaten Pessel dengan Kota Padang.

” Tentuhnya ini adalah upaya – upaya yang kami lakukan melihat dari potensi – potensi kerawanan, potensi keamanan dan upaya lainya yakni meningkatkan vaksinasi booater untuk masyarakat Kabupaten Pessel.

Termasuk kelancaran lalu lintas juga keamanan dari kejahatan konvensional itu sudah diantisiapasi,” ujar Kapolres Pessel.

Sekretaris Satuan Tugas ( Satgas) Penanganan Covid Kabupaten Pesisit Selatan, Dailipal, kepada masyarakat pada saat mudik lebaran Idul Fitri tahun ini memang tidak ada batasan, sesuai amanat Kapolri. Namun begitu tetap agar masyarakat dan pengunjung datang berkunjung ke kawasan obyek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan agar tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satunya masker.

Bertindak sebagai pemimpim apel dalam perwira apel Kasat Lantas Iptu Riwal Maulidinata, S.T.K, S.I.K serta komandan apel Kanit Regident Sat Lantas Ipda Rifki Dimas Aprila, S.T.rK, S.I.K. Ikut serta dalam apel gelar terdiri dari personil Polres Pessel, Personel Kodim 0311/ Pessel, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Dinas Perhubungan dan Senkom.

Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si berperan sebagai pemimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2022, memasangkan tali pita pada perwakilan anggota apel.GPT