Rapi dan Menarik Kawasan PKL Carocok Painan, Tapi PKL Masih Keluhkan Ini!

PainanGaris Pantai News – Kawasan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Objek Wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan terlihat semakin indah dan menarik. Puluhan lapak PKL itu diberi tenda seragam berwarna oranye sehingga kawasan lebih indah dipandang mata.

 

“Alhamdulillah, terimakasih kami telah dibantu tenda seragam ini, sehingga kawasan kita berdagang tertata rapi dan terlihat lebih menarik,” jelas Inola Anwar salah seorang PKL di Carocok Painan. Diketahui, kawasan PKL yang berada di area utama parkir Carocok Painan tersebut merupakan tindak lanjut dari pemerintah daerah yang merelokasi puluhan pedagang yang selama ini berjualan di tempat-tempat yang mengurangi nilai keindahan kawasan objek wisata. Karena tidak teratur dan tertata, pemerintah daerah melalui Dinas Perdagangan, Pariwisata, Perhubungan dan Satpol PP dan Damkar beserta Wali Nagari Painan Selatan beberapa waktu lalu mengajak masyarakat untuk pindah ke area relokasi yang ditentukan yaitu di area parkir Carocok Painan. Dan kini, para PKL ditempatkan di satu titik, mereka diberi tenda gratis warna oranye yang dibantu melalui CSR Bank Nagari Painan dengan total anggaran Rp200 juta.

 

Meski demikian, Inola Anwar PKL Carocok Painan meminta agar dinas perhubungan dapat mengarahkan mobil wisatawan yang masuk ke area parkir. Tujuannya, agar wisatawan dapat melintasi area pedagang dan berbelanja. “Tapi, saya lihat dinas perhubungannya belum optimal. Mobil-mobil yang datang kadang ada yang diarahkan ke parkir kadang tidak. Sehingga mobil wisatawan ada yang parkir di dekat panggung utama Carocok,” jelasnya. Walau lokasi PKL terpusat di satu titik, omzet penjualan pedangan sejak direlokasi juga tidak kunjung memuaskan. Terlebih, para PKL juga cukup bersaing karena rata-rata dagangan yang dijual hampir sama.

Dengan kondisi seperti itu, sebut dia beberapa PKL ada yang mulai berjualan di depan panggung utama Carocok Painan. Sebab, di lokasi itu pengunjung selalu ramai. Alhasil, juga berdampak terhadap omzet penjualan. “Dulu disepakati, depan panggung utama Carocok Painan adalah kawasan yang streril dari pedagang. Kini, ada juga satu atau dua orang mulai berdagang di sana. Ya, mereka bawa gerobak kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Habis jualan, mereka bawa pulang gerobaknya,” tuturnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan, Mimi Riarti Zainul sebelumnya mengatakan pemerintah daerah melakukan relokasi PKL memiliki tujuan yang baik. Pihaknya ingin para PKL dapat berdagang secara teratur sehingga lokasi PKL dapat tertata lebih rapi dan indah. Kerapian dan keindahan itu juga bagian dalam menarik minat pengunjung ke objek wisata. Terlebih, kawasan wisata Pantai Carocok Painan merupakan destinasi ungggulan di Pesisir Selatan yang sangat dikenal banyak orang.PKL pun diminta agar dapat menempati area relokasi yang sudah disepakati bersama. GPN