Nelayan Mengeluh Dengan Perlakuan Operator SPBU Batang Kapas : Jual Solar Dengan Jerigen Tidak Merata Ke Nelayan

Batang Kapas,Garis Pantai News – Masalah pasokan bahan bakar minyak (BBM) Jenis Solar hampir di semua SPBU yang telah terjadi awal bulan Maret ini di Pesisir Selatan, Sumbar, tidak menunjukkan titik terang.
Hampir tiap SPBU siang maupun malam hari antrean drigen mengisi Solar sudah menjadi pemandangan biasa di SPBU di Pesisir Selatan.

 

Terlihat di SPBU Batang Kapas, pegawai SPBU ”nakal” menjual Solar kepada masyarakat di kenakan uang jasa pengisian per jerigen dengan menggunakan jerigen yang kurang pedulikan nelayan dan dalam pengisian BBM Solar pun tidak merata kepada nelayan nelayan. Padahal, aturan jelas-jelas tidak diperbolehkan menjual SPBU dengan Jerigen, kalaupun bisa, harus ada surat pengantar dari instansi terkait.

 

Dengan tindakan semena-mena pegawai SPBU mengisi jerigen tanpa pedulikan nelayan yang mempunyai surat resmi dari instansi terkait terlihat di salah satu SPBU di Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (27/3/2022). Tumpukan puluhan jerigen solar menunggu antrean pengantrian di area SPBU tersebut di samping pompa SPBU.

 

Menurut pengakuan seorang masyarakat yang profesinya nelayan bernama Ujang (40) kegiatan mereka mengalami masalah akibat kekurangan bahan bakar solar sehingga tidak bisa melakukan aktivitas melaut, karena langka dan pegawai SPBU lebih mengutamakan pengisian jerigen yang bukan nelayan dan juga banyak menjual ke oknum oknum penjual solar ke beberapa perusahaan yang seharusnya memakai BBM Industri ,” ungkapnya. Lanjut Ujang (Nama Samaran), dia mau beli Solar yang dijual dekat SPBU, namun harga BBM pinggir jalan terasa mahal. Sementara jasa upah angkut barang pas-pasan,” tuturnya mengakhiri kepada awak media ini.GP1