Kelangkaan Solar di SumBar , Alirman Sori Minta Pertamina Segera Atasi.

PainanGaris Pantai News – Masih terjadinya antrean panjang kendaraan di sejumlah SPBU di Sumbar karena ingin mendapatkan BBM jenis Solar subsidi, mendapat tanggapan dari anggota DPD RI/MPR RI, Alirman Sori. Kepada rekan media, Minggu sore (3/4), Alirman Sori menyebutkan, dirinya mempertanyakan kenapa antrean kendaraan yang ingin dapat Solar itu bisa terjadi, bahkan kejadian itu makin hari makin parah.

 

“Ratusan SPBU di Sumbar terjadi antrean panjang kendaraan yang ingin dapatkan Solar subsidi, terkadang antrean itu berlangsung sampai 24 jam lamanya,” kata Alirman Sori heran. Tidak hanya itu, anggota DPD Dapil Sumbar ini juga merasa prihatin dengan kondisi yang terjadi itu. “Jika benar dugaan perkiraan kelangkaan Solar bersubsidi di Sumbar sampai akhir tahun, ini kelas sangat berdampak terhadap pergerakkan perekonomian,” tukas Senator ini.

Dia mengingatkan pihak yang bertanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan Solar bersubsidi di Sumbar untuk mengambil langkah cepat mengatasi kelangkaan BBM bersubsidi ini “Karena kelangkaan BBM ini akan berdampak luas terhadap kegiatan produksi di Sumbar,” ujar Alirman Sori.

Dia juga meminta kepada aparat Kepolisian di Sumbar (Polda Sumbar dan jajarannya, red) untuk memonitor dan mengawasi pendistribusian solar bersubsidi, jangan ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi ditengah situasi rumit ini. “Kepada semua pihak, saya mengimbau agar dalam situasi kelangkaan Solar bersubsidi, diminta untuk tenang dan kita mendesak pemerintah agar kelangkaan ini untuk segera diatasi, sehingga tidak menimbulkan keresahan yang dapat memicu hal-hal yang tidak baik”, pungkas Alirman Sori.

 

Sebelumnya, Sales Area Manager Pertamina Sumbar, I Made Wira Pramarta mengatakan, penyebab utama dari kelangkaan Solar adalah dipotongnya kuota dari BPH Migas. “Hal ini yang menyebabkan ada antrean panjang pada setiap SPBU di Sumbar dalam beberapa hari belakangan,” kata Wira di Padang, Rabu (23/2) lalu.GP1