Inovasi Sat Lantas Polres PesSel Samsat Ngabuburit Dan Pengamanan Kegiatan Masyarakat di Pabukoan Ramadhan Taman Sepora .

Painan ,Garis Pantai News – Bulan suci Ramadaan 1443 Warga masyarakat yang beragama islam sudah mulai melaksanakan ibadah dan kegiatan puasa, baik di pasar dan tempat ibadah di kota painan. Senin 4 April 2022. Begitupun di wilayah hukum Polres Pessel Polsek yakni objek Pasar dan pasar dadakan telah ramai didatangi masyarakat yang akan membeli pabukoan atau takjil termasuk juga sore harinya.

Kasat Lantas IPTU Riwal Maulidinata, S.T.K, S.I.K mengatakan, ada yang berbeda dari tahun sebelumnya yakni Samsat Painan membuka gerai Pajaknya secara Mobile (Samsat Ngabuburit) selama bulan Ramadan di taman spora Painan buka setiap hari Senin-Jumat pada pukul 15.00 Wib-18.00 Wib.
Hal ini bertujuan memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraannya, tanpa datang ke kantor Samsat Painan, bisa sambilan ngabuburit berbelanja takjil atau makanan, sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan datang ke gerai yang telah kami sediakan di Taman Spora Painan, tentunya melengkapi admnistrasi perpajakan.

“Ayo bayar pajak, jangan sampai ketinggalan Ya, bayar pajak kini lebih mudah, ujar Kasat Lantas.
Disamping Sat lantas juga setiap sorenya melakukan pengamanan kamseltibcarlantas selama bulan Ramadan.
Kegiatan masyarakat pasar pabukoan yang berpotensi pelanggaran prokes, kemacetan dan antisipasi kejahatan jalanan maka Sat Lantas Polres Pessel menindak lanjutinya dengan menerjunkan personelnya di titik rawan kamtibmas seputar kota Painan.

Personel Sat Lantas Polres Pessel yang dipimpin Kasat Lantas IPTU Riwal Maulidinata, S.T.K, S.I.K yang di asistensi oleh Kanit Gakkum IPDA Subhan, SH bertanggung jawab cipta kondisi dan jaga Harkamtibmas di jalan – jalan protokol Painan.
Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo,S.I.K, M.H mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan ibadah puasa dan shalat tarawih, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Selain itu, mengantisipasi terjadinya aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor), diharapkan masyarakat untuk lebih waspada dan meningkatkan keamanan terhadap kendaraannya, seperti memasang kunci ganda saat parkir. “Gunakan kunci ganda pada kendaraannya ketika parkir, agar terhindar dan mencegah dari pelaku curanmor,”

Selain itu sebut Kapolres Pessel, memasang CCTV yang memantau halaman tempat kendaraannya terparkir. “Kita tahu selama ini CCTV banyak membantu pengungkapan kasus,” dan kami Polres dan Polsek Jajaran juga selalu meningkatkan kewaspadaan dan cipta kondisi keamanan yang aman dan kondusif untuk masyarakat Pessel terutama di tempat ibadah disamping objek wisata dan vital seperti SPBU, Bank, Kantor dan Sekolah, ujarnya, Kasat Lantas IPTU Riwal Maulidinata, S.T.K, S.I.K bersama personelnya yang turun kelapangan taman spora, pasar painan dan objek wisata Carocok memantau penerapan prokes agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
Kami melakukan himbauan humanis kepada masyarakat agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan dalam beraktifitas, memang pemerintah sudah melonggarkan aturan terkait ibadah dan mudik, namun vaksinasi dosis lengkap harus sudah dijalani masyarakat serta patuhilah peraturan berlalu lintas hendaknya.

Hal ini tentunya menambah semangat dalam aktifitas masyarakat di bulan suci Ramadan akan tetapi tetap menerapkan Protokol yang sudah diterapkan sebelumnya yakni vaksinasi dosis lengkap atau booster dan jangan lupa tetap memakai masker, ujar Kasat Lantas Polres Pessel IPTU Riwal Maulidinata, S.T.K, S.I.K