Golkar PesSel Incar Kursi Ketua DPRD PesSel di Perhelatan 2024

PainanGaris Pantai News – Ketua DPD II Golkar Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Syafril Saputra menegaskan, Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) agar segera membentuk pengurus nagari, seiring target partai Ketua DPRD di 2024.

Menurutnya, kelengkapan kepengurusan hingga ke tingkat nagari otomatis bakal mengokohkan cita-cita partai untuk menempati pucuk pimpinan di lembaga DPRD setempat, mengingat tradisi Golkar di Pesisir Selatan sering menjabat ketua.

“Dari 4 kali Pileg di era reformasi ini, Golkar 3 kali berada pada posisi ketua DPRD. Diantaranya Lukman, Alirman Sori, Marta Wijaya yang kemudian digantikan PAW Dedi Rahmanto Putra,” ujarnya pada wartawan usai rapat bersama di Painan, Jum’at (18/2/2022).

Rapat yang digelar di kantor DPD II kawasan GOR H. Ilyas Yacub tersebut, turut dihadiri Sekretaris Ermiwati, Bendahara Indra Bhakti Taufik, serta segenap pengurus DPD II dan 15 pengurus DPK Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain kelengkapan pengurus tingkat nagari, ia juga menegaskan pengurus DPK yang ingin bertarung di Pileg 2024 wajib menjaring minimal 300 orang anggota partai yang dibuktikan dengan kartu anggota.

Partai menargetkan kepemilikan kartu anggota Golkar bagi wajib pilih di Pesisir Selatan setidaknya mencapai 20 persen atau sekitar 71 ribu suara dari total 350 orang, hal tersebut berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020.

Kemudian kata Syafril, pengurus DPK dan nagari mulai menyiapkan para calon saksi partai yang nantinya bakal diakomodir DPD I Golkar Sumatera Barat. Calon saksi secara bertahap akan diberi pembekalan.

Sesuai rencana partai, pembekalan bakal dilakukan di Jakarta yang diwakili 10 orang calon saksi per DPD II seluruh Indonesia. Ia menyebut, partai tidak ingin lagi kecolongan dengan saksi yang tidak solid seperti Pileg 2019.

“Ya, hal itu sempat terjadi di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sekecil apa pun jumlahnya, yang pasti itu sangat merugikan suara partai,” tuturnya.

Untuk tahap awal, lanjut dia, pembekalan bakal dimulai pada Maret tahun ini di setiap DPK, hal tersebut sejalan dengan yang dilakukan Anggota DPR RI Dapil Sumbar I, Darul Siska saat reses pertamanya tahun ini.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Ermiwati mengatakan, semua pengurus di DPD II Golkar harus membulatkan tekad menuju cita-cita partai. Pihaknya optimis target itu bakal tercapai dengan adanya kerjasama yang baik di seluruh lintas partai.

“Kita semua disini harus sepakat dan semangat, bahwa target partai harus menjadi prioritas utama. Saya yakin, dengan kebersamaan ini apa yang dicita-citakan bakal tercapai,” ucapnya.

Diketahui, rapat saat itu tak sekadar membahas pengurus hingga tingkat nagari, ataupun perekrutan anggota dan calon saksi, namun juga membahas tentang langkah-langkah strategis lainnya menuju target di Pileg 2024.

DPD II Golkar Pesisir Selatan juga bakal menyiapkan posko partai di setiap kecamatan dan membekali segenap pengurus hingga tingkat nagari dengan seragam dan atribut partai.

Diketahui, pada Pileg 2019 DPD II Partai Golkar Pesisir Selatan mampu meraup 26 ribu lebih suara, dengan 4 kursi di DPRD dari 5 Dapil yang ada di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.GPTE