WaBup PesSel Lantik Pimpinan Baznas Pesisir Selatan Periode 2022-2027

PainanGaris Pantai News – Wabup Rudi Haryansyah resmi melantik Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan periode tahun 2022-2027 yang kini diketuai oleh : Yose Leonando, SH.,MH.,MKn. Waka 1 : Drs. H. Jufri. Waka 2 : Dr. Masni, MA . Waka 3 : Yudi Handri, S.Si . Waka 4 : Junisman, SH di Aula Painan Convetion Center , Rabu (16/02/2022).

Wabup Rudi Haryansyah mengatakan potensi zakat Pesisir Selatan tahun 2020 mencapai 15 Miliyar. Namun demikian, Pemkab tidak bisa memaksa Baznas untuk mengejar itu, tetapi bagaimana Baznas bisa berusaha memanfaatkan potensi yang ada untuk kemaslahatan umat.
“Untuk meraih potensi itu memang berat. Karena itu, perlu kerja keras oleh Baznas PesSel. Kami juga mengimbau agar instansi di Kabupaten Pesisir Selatan bisa membayarkan zakatnya, baik zakat, infaq dan sedekah bisa disalurkan ke Baznas,” ucap Wabup usai pelantikan.

Selanjutnya, diharapkan Baznas bisa bersinergi dengan pemerintah kabupaten, sehingga bisa bersama meningkatkan perekonomian masyarakat Pesisir Selatan.
Menurut Rudi, pembayaran zakat di PesSel memang banyak dikelola secara tradisional, sehingga apa yang dianggap nyaman oleh masyarakat untuk bersedekah kepada penerima langsung.

“Jadi, kita tidak bisa larang masyarakat berzakat maupun bersedekah. Tapi, kami harap bisa memanfaatkan Baznas menjadi wadah berinfaq, bersedekah dan berzakat. Insyaallah berkah,” jelasnya.
Hadir Drs. H. Nurman Agus
Wakil ketua IV Baznas Provinsi Sumatera Barat , sejumlah pejabat eselon II lingkup pemkab dan forkompida kabupaten Pesisir Selatan.GP1