Kepala Dinas Pariwisata ,Pemuda dan Olahraga ; PesSel Belum Siap Bersaing Di Kharisma Event Nusantara 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

PainanGaris Pantai News – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat mengaku, tidak siap bersaing secara nasional untuk masuk Karisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Suhendri menyebut, untuk masuk KEN itu banyak kategori yang ditetapkan Pemerintah.

Sehingga dengan banyak kategori itu, Pemkab tidak siap untuk ikut event itu. Apalagi, untuk mengikuti event itu Pemkab harus memiliki fasilitas penunjang yang memadai.

“Jadi ketika kita lihat kompetisinya seperti itu, kita tidak mungkin bersaing dengan beberapa event yang telah berlanjut secara terus menerus di daerah lain,” terangnya.

Untuk KEN 2022, setidaknya Pemprov Sumbar telah mengusulkan 10 event di Sumbar untuk masuk dalam kegiatan Kharisma Event Nusantara.

KEN adalah sebagai upaya Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata menggairah dunia pariwisata sebagai stimulus sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akibat tekanan Covid-19.

Dari 10 event itu, Pessel tidak tercatat dalam usulan. Alasannya, Suhendri memang Pessel belum siap untuk bersaing,”Untuk apa kita hanya mengusulkan nama saja, sementara kita fasilitas penunjang dan pendanaannya belum siap,” terangnya.

Kendati demikian, meski belum bisa bersaing untuk 2022, Suhendri mengaku untuk 2023 pihaknya bakal berupaya untuk membawa Pessel ikut berpartisipasi dalam ajang KEN.

“Jadi sebaiknya kita siapkan dulu untuk 2023. Baik dari sisi kemasa kegiatannya, sisi pendanaannya. Mungkin 2023 kita bisa masuk untuk mengusulkan,” terangnya.GPK