Ir.Firmansyah Mardanoes Resmi Memangku Gelar Adat Datuak Rajo Pahlawan

Batang Kapas,Garis Pantai News – Mantan Anggota DPR RI Fraksi PPP 2014- 2019 Daerah Pemilihan Kalimantan, Ir.Firmasyah Mardanoes resmi memangku gelar adat, yakni Datuak Rajo Pahlawan. Upacara adat melewakan gala tersebut berlangsung di rumah gadang suku Chaniago Talo Bala , kampung Pinang Batang Kapas , Minggu (14/2/2021) kemarin.

“Gala ini merupakan warih dari mamak Firmasyah Mardanoes sendiri, Tuan Pakiah Basa. Tentunya upacara ini bersejarah bagi sosok Firmasyah Mardanoes. Sebab tanggung jawab besar dalam bidang adat berada di pundaknya,” ungkap ketua KAN IV Koto Hilie Batang Kapas, Minggu (14/2/2021).

Dalam perhelatan adat budaya Minangkabau yang digelar oleh kaum Suku ChaniagoTalo Banto, kenagarian IV Koto Hilie Batang Kapas terasa begitu sakral.

Dikatakan ketua KAN Batang Kapas sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat Sumatera Barat turut hadir dalam prosesi malewakan serta pengukuhan gelar adat untuk Ir. Firmasyah Mardanoes.

Firmasyah mantan anggota DPR RI yang sekaligus pengusaha asli rang suku Chaniago yang berkeingginan kuat untuk mengabdi ke kampung halamannya untuk mengenal atau mengetahui nilai-nilai adat baik buat dirinya dan anak kemenakan,katanya.

“Dengan telah memangku gelar datuak Rajo Pahlawan, semoga dapat menjadikan Firmasyah lebih akrab lagi dengan lingkungan kaum adat yang basandikan sarak dan sarak basandikan kitabullah,” ujarnya.GPA