Bupati Resmikan Enam Pasar Senilai Rp16,9 Miliar

Tapan, Garis Pantai News – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meresmikan enam pasar kecamatan di daerah setempat yang nilai pembangunannya mencapai Rp16,9 miliar.

“Dengan diresmikannya keenam pasar saya berharap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata Hendrajoni usai meresmikan keenam pasar secara simbolis di Pasar Raya Tapan, Kecamatan Basa IV Balai Tapan, Jumat.

Keenam pasar yang diresmikan itu yakni Pasar Sungai Sirah Silaut, Pasar Raya Tapan, Pasar Inderapura, Pasar Muara Sakai, Pasar Balai Selasa, dan Pasar Labuhan.

Ia menyebutkan pasar yang diresmikan akan dilanjutkan pembangunannya secara bertahap sesuai kebutuhan seperti penambahan los pasar, penambahan gedung dan lainnya.

Khusus Pasar Raya Tapan, katanya, akan dibangun los pasar senilai Rp1,3 miliar pada 2020 dan beberapa titik lokasi akan diaspal sehingga menjadi lebih rapi dan tidak becek ketika masuk musim penghujan.

Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Pesisir Selatan, Azral, yang hadir dalam kesempatan itu menyebutkan, ramainya transaksi pasar ditentukan oleh banyak hal salah satunya ialah adanya gedung yang memadai, tidak becek dan lainnya.

Selanjutnya yang tidak kalah penting menurutnya ialah terdapatnya petugas-petugas pasar yang menjalankan tugasnya dengan baik sehingga tercipta suasana pasar yang indah dan tertib.

“Kedepan berbagai unsur tersebut akan kami maksimalkan sehingga transaksi di pasar-pasar yang ada di Pesisir Selatan semakin ramai, tidak hanya oleh pembeli dan pedagang dalam kabupaten namun juga luar kabupaten,” katanya lagi.

Dari catatannya, di Pesisir Selatan terdapat 50 pasar yang terdiri dari 11 pasar kecamatan, tiga pasar serikat dan 36 pasar nagari.

“Semua pasar akan dibangun secara bertahap baik menggunakan anggaran yang bersumber dari kabupaten, provinsi maupun pusat,” katanya lagi.GPR