10 Warga Alahan Panjang Tersesat di Bayang Pessel,Mencari Warganya yang Hilang Saat Berburu Babi di Hutan

Bayang,GP News – Sepuluh warga Batang Hari, Kenagarian Batang Hari, Kenagarian Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok tersasar saat mencari tiga warganya yang hilang berburu babi hutan, Sabtu (23/11).

Ke sepuluh warga itu yakni Jumaldi (28), Suwandre (32), Edrizal (26), Imam (38), Wirnalis (32), Edo Eka Putra (20), Iyon (28), Safrianto (23), M. Zalman (24) dan Anto (40).

Rombongan itu tersasar di Kampung Ngalau Gadang, Kenagarian Limau Gadang, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (24/11) sekitar pukul 13.30 WIB.

Berdasarkan dari keterangan Anto, orang tua korban sendiri yang ikut mencari dalam rombongan itu menyampaikan bahwa anaknya (Joni Eka Putra) berangkat berburu babi pada Sabtu (23/11) sekitar pukul 06.00 WIB.

Kemudian, pada sore hari, dirinya menerima telepon dari salah seorang temannya bahwa korban dikabarkan hilang. Karena juga tak kunjung pulang, warga di daerah tersebut melakukan pencarian berbagai arah terbagi dengan tiga kelompok.

Ia mengatakan, rombongannya berangkat sekitar pukul 20.30 WIB ke hutan, Wayan yang direncanakan untuk mencari sampai puncak bukit dengan hanya membawa bekal nasi bungkus dan air minum.

Namun, selama pencarian satu malam, belum membuahkan hasil hingga sampai ke Nagari Ngalau Gadang dan bertemu dengan masyarakat setempat. Di samping itu, bekal yang dibawa pun telah habis, membuat rombongan tersebut lapar dan capek.

“Kami tidak kuat lagi untuk mendaki karena medan yang kami tempuh terlalu curam. Apalagi bekal yang kami bawa sudah habis,” kata Anto.

Setelah bertemu dengan masyarakat di daerah itu, rombongan tersebut langsung dibawa ke Mapolsek Bayang, sambil menunggu keluarga dari Solok yang bakal menjemputnya.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak pada Polsek beserta anggota, dengan memberikan pelayanan yang sangat baik dan juga masyarakat di sini,” ungkap bapak empat orang anak itu.

Sementara itu, Kapolsek Bayang, Iptu Advianus membenarkan ada sepuluh warga yang tersasar di Nagari Ngalau Gadang dan bertemu dengan masyarakat setempat.

Rombongan itu merupakan warga Batang Hari, Kenagarian Batang Hari, Kenagarian Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Menurut dari ketua rombongan, ia tersasar di Nagari Ngalau Gadang, saat mencari warganya yang hilang saat berburu babi hutan di daerahnya.”Rombongan itu telah dijemput oleh keluarganya kembali ke Solok,” tutup Kapolsek.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rombongan itu akan kembali melanjutkan pencarian pagi ini (Senin, 25 November 2019).GPE