TP PKK Kecamatan Airpura Sosialisasikan Deteksi dini Kanker Serviks

Airpura,  GP News – Tim Penggerak PKK Kecamatan Airpura Kabupaten Pesisir Selatan adakan kegiatan Sosialisasi Deteksi dini kanker serviks di Nagari Lalang Panjang,  Senin (8/10) lalu. 
Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh peserta anggota PKK Kenagarian,   Pokja 1-4 di Kecamatan Air Pura dan Penggurus PKK Kecamatan Air Pura dan Bidan Desa yang ada di Pukesri Kecamatan Air Pura. Dua dokter menjadi narasumber Dr. Marlan Tomi ( Sertifikat) dari Pukesmas Pancung Soal dan Dr. Doni ( Sertifikat) dari Pukesmas Air Pura, serta kepala Pukesmas di dua Kecamatan.
Camat Airpura,  Efrianto. Z ketika dihubungi wartawan mengatakan sangat Apresiasi atas kegiatan sosialisasi ini,  karena melalui kegiatan ini akan lebih mengerti tentang kanker serviks,  ulasnya.
“Salahsatu upaya untuk mengantisipasi penyakit  kanker serviks yang sering menyerang pada ibu-ibu usia subur salah satu tujuan kegiatan sosialisasi ini, “ucapnya.
Apalagi kegiatan sosialisasi tersebut juga didatangkan Narasumber Dokter yang mempunyai pengalaman dibidangnya.
Menurut nya, dengan sosialisasi seperti ini ibu-ibu usia subur bisa lebih mengerti bagaimana cara dilakukan agar tidak terkena Kanker Serviks, karena kanker tersebut cukup membahayakan.
“dalam waktu dekat ini kita akan turun kemasyarakat untuk melakukan deteksi dini,” ungkap Efrianto.
Dalam sosialisasi terendah para narasumber dari Dokter ahli dibidangnya memaparkan Kanker leher rahim / kanker serviks merupakan penyakit menakutkan dan mematikan bagi kaum wanita. Penyakit kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan secara dini. Salah satu metode yang dilakukan adalah dengan IVA TEST.
Selain itu,  melalui tindakan Kolposkopi yaitu  tindakan yang bertujuan untuk memeriksa adanya sel yang abnormal di dalam atau di sekitar vagina, vulva, atau serviks (leher rahim). Pemeriksaan dengan metode IVA  dapat dilakukan oleh dokter, bidan dan paramedis karena  pemeriksaannya  yang sederhana, aman, praktis dan efektif.
 Terakhir  Camat Efrianto berpesan kepada masyarakat di Kecamatan Air Pura, serta para ibu-ibu khususnya usia subur tidak usah cemas, khawatir ataupun takut. Dengan mengikuti anjuran dokter dirinya yakin  kita semua bisa terhindar dari penyakit Kanker Serviks.GPR