Lubuk Kuali Destinisasi Wisata Menarik Tuk Di Kunjungi

GP News – Batang Kapas

Kabupaten Pesisir Selatan memang dikenal sebagai daerah yang kaya akan potensi wisata.

Melalui keberagaman objek wisata yang dimiliki itulah, sehingga pengunjung bisa bebas memilih jenis destinasi wisata sesuai selera.

Mandeh dan Carocok memang dua destinasi wisata andalan Pessel. Namun dibalik itu semua masih banyak objek-objek wisata alam yang belum terekspos dan keindahan alamnya pun sungguh begitu menakjubkan.

Lubuak Kuali misalnya, destinasi ini terletak di Kampung Teluk Betung batas Kenagarian IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas dengan Kenagarian Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai.

Yang menarik disana adalah air terjun dan suasana alamnya yang eksotik.

Jika anda berkunjung kesana, yakinlah suasana alam dan gemuruh air terjun perbukitannya dapat menghilangkan stres dan beban pikiran anda yang tengah disibukkan oleh pekerjaan.

Lubuak Kuali merupakan air terjun perbukitan. Airnya bersih, jernih dan dilingkari oleh bebatuan yang agak melengkung seperti kuali.

Masyarakat menamai Lubuak Kuali, karena memang bentuk batuan yang menampung air terjun tersebut tak ubahnya berbentuk kuali. Melengkung dan airnya tergenang-genang.

Ditempat itulah kaum muda-mudi, anak-anak dan orang tua membersihkan diri, mandi dan berenang sambil menikmati indahnya ciptaan alam di Lubuak Kuali.

Konon cerita, sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu, lokasi ini sempat populer dan ramai dikunjungi. Sebelum Pantai Carocok Painan seharum dan setenar saat ini, Lubuak Kuali merupakan lokasi pemandian langganan masyarakat lokal dan luar daerah.

Tapi entah apa sebab, seiring perjalanan waktu popularitasnya disita oleh unggulan-unggulan wisata andalan lainnya yang didukung penuh oleh pemerintah daerah.

Lalu, apakah Wisata Waterboom Lubuak Kuali tidak didukung oleh pemerintah? Semua didukung, tapi tentu bertahap dan mengutamakan skala prioritas dan non prioritas.

Bahkan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni telah menginstruksikan kepada pemimpin pemerintah nagari untuk terus menggali setiap potensi nagari yang pada akhirnya mampu menghasilkan peningkatan pendapatan asli nagari, meningkatkan ekonomi masyarakat dan sebagainya.

Berdasarkan pantauan perjalanan seputarpessel.id kelokasi, ada beberapa pembenahan yang segera cepat ditindaklanjuti oleh pemegang kekuasaan nagari.

Seperti, pemberian tanda atau merek Lubuak Kuali yang menandakan sebagai sebuah objek wisata air terjun dan pemandian. Kemudian, pembersihan lokasi sekitar wisata, serta akses jalan yang masih belum dirabat beton. Kurang lebih sekitar 1 kilometer jalan menuju lokasi memang belum begitu memadai.

Bagi pengunjung yang belum pernah ke lokasi tersebut memang agak sulit untuk menemukannya. Tidak ada tanda atau merek yang menyatakan lokasi wisata.

Tapi jangan kuatir, selagi anda tidak malu bertanya maka tempat yang dituju akan mudah ditemukan. Dari Padang kurang lebih berjarak 80 Kilometer atau bisa menghabiskan sekitar dua setengah jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Dilintas jalan Padang – Batang Kapas, mendekati kampung Teluk Betung, disisi kiri ada sebuah gerbang kecil berwarna putih. Gerbangnya kecil, bahkan kalau ada peristiwa kebakaran dalam perkampungan Lubuak Kuali, maka mobil pemadam kebakaran tidak akan bisa memasukinya.

Dekat simpang gerbang kecil itu bertanyalah, maka anda akan diarahkan dengan ramah oleh warga setempat menuju wisata waterboom Lubuak Kuali yang eksotik.

Wali Nagari setempat, Satria Darma Putra mengatakan pada Tahun 2019, jalan menuju lokasi Lubuak Kuali tersebut akan dirabat beton, kemudian merek atau plang penanda wisata juga akan dibuat baru.

“Ya, kita sudah rencanakan. Pada Tahun 2019 jalan menuju Lubuk Kuali akan dirabat beton. Itu telah kita ukur, panjangnya sekitar 1 Kilometer. Kemudian merek sebagai tanda lokasi wisata juga segera kita buatkan” jelas Satria.

Diapun mengakui Lubuak Kuali yang berada dalam satu kesatuan wilayah yang dipimpinnya menjadi suatu atensi untuk pengembangan potensi nagari yang lebih baik.

 

seputarpessel.id