Air Terjun Lumpo Pessel Akan Dikembangkan Jadi Objek Ekowisata

GP News – Painan

Balai Besar Taman Nasional Kerinci Sebelat (BBTNKS) Wilayah II Sumatera Barat mengusulkan anggaran kepada Pemerintah Pusat untuk merencanakan pengembangan objek ekowisata di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Balai Besar Taman Nasional Kerinci Sebelat Wilayah II Sumbar menyebut, bahwa tahun 2018 pihaknya telah mengusulkan anggaran lebih kurang sebesar Rp 400 juta untuk desain engenering detail (DED). Berdsarkan rencana akan direalisasikan untuk pembangunan sebuah jembatan gantung diobjek yang dianggap memiliki potensi.

Kepala Bidang Pengolahan Taman Nasional Kerinci Sebalat Wilayah II Sumbar, Yunaidi mengatakan, rencana tersebut masih menunggu persetujuan Pemerintah Pusat. Lokasi pembangunannya berada di areal kawasan Hutan TNKS wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya untuk menghubungkan Nagari Limau Gadang Lumpo dengan Air Terjun Lumpo y

“Sesuai rencana kita membuat rancangan lebih kurang dengan anggaran Rp 400 juta pada tahun 2018 ini, untuk pencairan tahun 2019. Jika disetujui Pemerintah Pusat pembangunan nya akan dilaksanakan pada tahun 2020,” terang Yunaidi pada Garis Pantai Radio.

Dia menjelaskan, rencana yang diusulkan BBTNKS Sumbar II tersebut sesuai dengan potensi di Pesisir Selatan. Sebab, dengan target destinasi yang dilirik BBTNKS memiliki keunggulan alam yang menarik serta spot-spot wisata yang indah.

“Salah satunya air terjun Lumpo, dan destinasi ini sangat berpeluang untuk dikembangkan sebagai ekowisata. Kita harap rencana ini bisa terlaksana,” terangnya.

Sementara, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Mawardi Roska sangat mendukung dan menyambut positif rencana yang diusulkan pihak TNKS Wilayah II Sumbar. Ia menilai, rencana tersebut sangat bagus terhadap pengembangan ekowisata.

“Dalam waktu dekat, Pemkab Pessel akan segera membuat MoU dengan pihak TNKS untuk program tersebut,” jelasnya

GPK