Satpol PP Pessel, Lakukan Penertiban Pedagang Areal Carocok Painan

GP News – Painan

Sempat terjadi adu argumentasi  dengan para pedagang di kawasan obyek wisata Pantai Carocok Painan, Sabtu (2/6) pukul 08.00 Wib saat penertiban kios pedagang oleh Satpol PP dan Damkar.

Kurang lebih 10 orang Polisi Pamong Praja dan Damkar dipimpin langsung Kasat Pol PP dan Damkar Dailipal melaksanakan penertiban kios para pedagang.

Menurut Dailipal, penertiban ini berdasarkan intruksi bupati Pesisir Selatan untuk melakukan penertiban kios – kios para pedagang di kawasan pantai carocok painan. Agar, sebagian lokasi di areal tersebut harus steril dari pedagang, karena didalam master plain tidak ada para pedagang yang berjualan.

” kita, hari ini lakukan penertiban kios- kios para pedagang,” tegas Dailipal.

Para pedagang yang kios nya di tertibkan akan dipindakan di lokasi baru yang telah disiapkan oleh Pemkab Pessel , yaitu disebelah kiri gerbang pintu masuk ke kawasan pantai carocok painan.

Sementara itu menurut ketua Koperasi Unit Langkisau Novrial Anas, didampingi Sekretaris Mirwan Amir saat mendampingi para pedagang dibawah naungan Koperasi dirinya pimpin mengatakan, ” kesadaran masyarakat dan para pedagang di carocok painan cukup tinggi” , dalam ikut mendukung pariwisata di kabupaten Pessel.

” secara legalitas hukum, keberadaan para pedagang di Koperasi Unit Langkisau adalah legal, dan mempunyai Badan Hukum,” kata Novrial Anas.

Dijelaskanya, kios atau pedagang yang tergabung dalam Koperasi nya berjumblah 52 anggota, dan 12 anggota masih belum memiliki lokasi berdagang yang telah ada sejak tahun 2014.

Dan, adanya penertiban ini Ia bersama para pedagang akan siap menerima untuk dipindahkan ke tempat baru,ucap Novrial Anas.

” daerah kita Pessel telah siap untuk pengembangan Potensi,” tegas Dirinya.

Setelah hampir setengah jam melakukan mediasi dengan para pedagang, antara Satpol PP dan Penggurus Koperasi Unit Langkisau, serta para pedagang , secara bersama – sama melakukan pemindahan kios dagangan ke lokasi baru.

Pemindahaan tersebut dibantu juga anggota Satpol PP dan Damkar Pessel.

GPM