Festival Langkisau 2017 Resmi Ditutup, Pessel di Hadiri 37 Ribu Pengunjung

PAINAN, GP – Pelaksanaan ‘Alek’ tahunan kabupaten Pesisir Selatan, Festival Langkisau, resmi ditutup Sabtu malam, (22/4). Penutupan tersebut seiringan dengan pemilihan grand finalis unda-uni duta wisata Pesisir Selatan tahun 2017.

Bupati Pessel Hendrajoni megatakan, pelaksanaan Festival Langkisau tahun 2017 berlangsung dengan berbagai perlombaan seni dan budaya dan iven-iven berskala nasional.

“Alhamdulillah Festifal langkisau tahun ini berjalan sukses sejak diselenggarakannya pada 14 April sampai 22 April 2017, ” sebut Hendrajoni didampingi Ketua TP-PKK Pessel, Lisda Rawdha Hendrajoni yang sekaligus sebagai Pembina Uda-uni Duta Wisata Pessel 2017 saat menutup alek tahunan rang pasisie tersebut.

Hadir pada saat itu, Kementerian Pariwisata RI, Raseno Arya, Ketua dan Anggota DPRD Pessel, seluruh unsur Forkompimda setempat, serta tamu istimewa dari ikatan Uda-Uni se-Sumbar dan ribuan masyarakat Pessel.

Hendrajoni mengatakan, kesuksesan even tersebut dibuktikan dengan dengan meningkatkanya jumlah pengujung/wisatawan ke Pantai Carocok.

“Ini sangat luar biasa, selama sepekan kegiatan ini bisa menghadirkan 37 ribu pengunjung. Bahkan, perputaran uang di daerah kita selama berlansungnya Festival Langkisau mencapai Rp.15 Miliar lebih,” ungkapnya.

Padahal, kata Hendrajoni, pemerintah hanya menargetkan sebanyak 30 ribu pengunjung. “Jumlah tersebut sudah melebihi dari target kita. Mudah-mudahan ini dapat dipertahankan, ” sebut Hendrajoni lagi.

Namun demikian Hendrajoni menekankan, kesuksesan even harus tetap di evaluasi. Setidaknya bisa menjadi bandingan untuk even-even selanjutnya dan sesuai target yang diupayakan.

“Untuk iven tahun depan akan ditingkatkan lagi, kita tidak bisa puas untuk kemanjuan Pessel. Mari maju dan maju untuk Pessel lebih baik,”pungkasnya.

Kapala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Zefnihan sebagai panitia pelaksana mengatakan, pelaksanaan festival langkisau yang mengangkat temu karya seni anak bangsa bertujuan meningkatkan pariwisata daerah telah selesai dan sukses dilaksanakan.

“Ada 14 even yang dilaksanakan pada festival Langkisau tahun 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeliatkan pariwisata Pessel sekaligus dalam rangka peringkatan HUT Pessel 2017, ” imbuhnya.   (fk)