Danguang Nan Mulai Ilang

Oleh : Fahmi Kampai

Pada umunya, ‘Rang tuo’ (orang tua) di kabupaten pesisir selatan menanyakan kelestarian rabab pasisia. Kesenian yang muncul dan berkembang di wilayah Pesisir selatan, Sumatra Barat ini secara utuh dimainkan dengan Dendang (Vokal Tradisi Minangkabau), tekstual dendang biasanya diambil dari kisah perjalan (kaba). Kaba yang didendangkan dalam rabab ini pada mulanya kaba-kaba lama. Seperti, kaba gombang patuanan, kaba magek madanin, kaba malin deman dan kaba lainya.

 Dalam penampilan rabab pasisia. Tukang rabab, menceritakan kaba hingga tengah malam diiring alat musik rabab, seperti biola tapi menggesekknya diletakkan dekat kaki tukang rababRabab pasisia merupakan salah satu seni pertunjukan yang popular di Pesisir Selatan. Biasanya, cerita rabab itu amatlah panjang. Bahkan, kalau di kaset tape recorder bisa mencapai 15 seri cerita bersambung. Jika satu kaset 60 menit, maka satu cerita atau kaba dalam rabab itu bisa 15 jam.

Namun, keberadaan rabab ini serasa tidak ada lagi. Aset budaya ini seakan hilang begitu saja. Seperti yang dicaritakan masyarakat (orang tua) pesisir selatan saat berbincang-bindang dengan koran padang tempo lalu. “kalau Baralek ndak ado lai nan mamakai rabab pasisia ko’, kini urang kampuang labiah suko baralek ala eropa. Makan ala prancis, jo alat hiburan-gae nyo pakai alat moderen (orgen tunggal)”.

Mereka kadang menanyakan apakah aset kesenian budaya rabab telah hilang dari permukaan adat. Padahal dulunya Rabab pasisia sangat disenangi dan dincintai oleh masyarkat, bahkan rabab adalah suatu kesenian yang patut dibanggakan.

Apakah yang terjadi dengan generasi di era ini. Ataukah memang budaya barat lebih menarik dari pada budaya daerah sendiri? “Iko paralu awak tanyokan ka apak jo ibuk awak yang ado di pemerintahan, tarutamo pado dinas kebudayaan kito,”

Memang, masih ada yang memakai rabab saat acara “baralek”. Namun itupun pada acara perhelatan tertentu. Seperti kitanan (sunah Rasul) dan pada acara nikah yang sederhana saja. “Kok panjabek nan baralek ndak ado yang mamakai rabab ko do. Sabananyo inyo nan harus malastarikanyo, (jika penjabat yang ada perhelatan tidak ada yang menggunakan kesenian rabab. Padahal dia yang harus melestarikannya), ” .

Sekarang kita melihat begitu memiriskan keberadaan seni budaya ini. Jika tidak kita jaga dan lestarikan, maka dikawatirkan akan hilang keberadaannya. Tentu yang rugi kita juga nantinya.  “Ndak rugi awak kalau rabab ko hilang. Padahal iko adolah kebudayaan nan patuik awak banggakan. Jadi, kalau ndak awak nan  manjago siapo lae, ndak baitu pak?.