SMKN 1 Painan Siapkan Satu Genset Selama UNBK

PAINAN, GP – Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) 1 Painan pastikan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer tak terkendala listrik. Pasalnya, SMK telah menyiapkan satu unit generator set selama ujian berlansung dari 3 hingga 6 April 2017.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKN 1 Painan, Nelmawati mengatakan Genset tersebut didapatkan berkat kerjasama antara pihak sekolah dan PT PLN rayon setempat.

“Walaupun PT PLN berkomitmen untuk menjaga listrik tetap tersambung namun mengantisipasi berbagai kemungkinan genset tetap disiapkan,” kata Nelmawati Selasa 4 April 2017.

Ia menyebutkan, di sekolah itu terdapat 314 pelajar yang mengikuti UNBK dan dibagi menjadi tiga shift dengan komputer yang tersedia sebanyak 107 unit.

“Mereka dikelompokkan pada lima ruangan yang masing-masing ruangan disediakan 20 unit komputer sementara tujuh unit sisanya disiagakan jika kemungkinan ada komputer yang bermasalah,” katanya lagi.

Manajer PLN Rayon Painan, Mulawarman, mengatakan akan berupaya maksimal memastikan tidak terjadi gangguan kelistrikan selama pelaksanaan UNBK.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Nuzirwan, menyebutkan SMKN 1 Painan merupakan satu-satunya SMK yang melaksanakan UNBK di daerah itu, sementara yang lainnya masih berbasis Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). (fk)