1500 Pelajar Ikut KPAP Dua di Sungai Pinang

Painan, GP News– Sekitar 1500 orang pelajar yang berasal dari berbagai daerah di Pesisir Selatan dan luar Pesisir Selatan mengikuti kegiatan Kemah Persahabatan Anak Pesisir (KPAP) ke 2 yang diselenggarakan di Kenagarian Sungai Pinang Kecamatan Koto XI Tarusan dari tanggal 2-5 Februari 2017.

KPAP yang pertama pada tahun 2016 dilaksanakan di Kenagarian Sungai Nyalo sementara pada tahun 2017 ini Kenagarian Sungai Pinang menjadi pusat kegiatan KPAP ke 2 yang diikuti peserta pelajar dari Pesisir Selatan, Provinsi Jambi, Riau, Sumatera Utara, Bengkulu dan Sumatera Barat.

Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Oleh Sekdakab Pessel Erizon mengatakan mengasah diri agar kedepannya menjadi lebih baik secara SDM dan pembangunan perlu kita lakukan agar orang pesisir tidak menjadi orang yang terpinggirkan oleh pembangunan, ungkap Sekda dalam sambutannya pada acara upacara pembukaan KPAP 2 di Sungai Pinang, Kamis (02/02).

Sekda juga menambahkan bahwa kegiatan KPAP ini kedepannya akan dimasukkan dalam agenda Pemerintah Kabupaten sehingga kegiatan ini terus dapat berjalan kedepannya dengan dukungan Pemerintah Daerah, tuturnya.

Untuk itu, kepada Menko Kemaritiman RI melalui Deputi Bidang SDM Iptek dan Budaya Maritim Dr.Safri Burhanudin agar dapat membantu daerah kami terutama sekali dalam bidang potensi bahari yang terus dikembangkan di Pesisir Selatan ini, ujar Sekda.

Sementara itu Menko Kemaritiman yang diwakili Deputi Bidang SDM Iptek dan budaya Maritim Dr.Safri Burhanudin berharap pelaksanaan KPAP tingkat regional Indonesia Bagian Barat, untuk itu kami beritahukan menumbuhkembangkan budaya kebersihan lingkungan menjadi inti dalam melaksanakan kegiatan KPAP ini, ujarnya.

Kepada anak Pramuka yang sekarang dengan semangat mengikuti kegiatan KPAP, mari kenali ekosistem lingkungan tempat kegiatan ini dan khusus Informasi Teknologi (IT) yang diminta Pemkab hari ini langsung kita bicarakan agar ada hutang yang kami bawa ke pusat nantinya, tutupnya.

Pengagas Acara KPAP Dua Adrinof Chaniago dikesempata tersebut juga mengatakan manfaat kegiatan ini diharapkan terus berjalan setiap tahunnya, peserta bisa memanfaatkan SDA yang ada, dengan menerapkan pola persahabatan dengan peserta lain dan persahabatan dengan alam.

Kedepan KPAP akan kita laksanakan secara nasional, agar marwah dari kegiatan itu lebih baik, dan lebih gencar terutama dalam ajang mempromosikan Pariwisata bagi Anak Pesisir, ungkapnya mengakhiri. (rt)